Kamis, 02 September 2010

RI-Malaysia Tak Butuh Intervensi Pihak Ke-3

0 komentar
VIVAnews -- Menteri Luar Negeri Malaysia, Datuk Seri Anifah Aman menegaskan, Malaysia dan Indonesia bisa menyelesaikan permasalahan dua negara tanpa intervensi dari pihak ketiga.


"Sejauh ini, kami masih bisa duduk bersama, mendiskusikan cara untuk menemukan solusi secara baik-baik," kata Anifah saat menghadiri perayaan hari kemerdekaan Malaysia ke-53 di Stadiun Putra, seperti dimuat New Straits Times, Rabu 1 September 2010.

Anifah menegaskan keyakinannya, konflik yang terjadi di antara dua tetangga ini bisa diselesaikan dengan semangat Asean.

Ditambahkan Anifah, Malaysia dan Indonesia punya banyak kesamaan dan saling menguntungkan dalam berbagai aspek.

Pembicaraan antara dua negara akan dilakukan di Kuala Lumpur pada 6 September 2010. Indonesia diwakili Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa.

Sementara, Menteri Dalam Negeri Malaysia, Datuk Seri Hishammuddin Hussein mengatakan, hubungan diplomatik antar dua negara seharusnya dilakukan dengan baik, untuk menjaga kerukunan.

Dari Indonesia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini dijadwalkan akan memberikan pernyataan sikap terkait konflik yang terjadi saat ini.

"Saya ingin mendudukkan persoalan ini pada tempatnya," kata Yudhoyono, Selasa 31 Agustus 2010.

"Kita coba mendorong Malaysia untuk sungguh-sungguh menyelesaikan batas wilayah, dan tetap menjaga hubungan yang selama ini bermanfaat bagi saudara-saudara kita."

***

Ancaman terhadap warga Malaysia kini tak lagi sekedar isu sweeping. Sudah berwujud aksi.

Di Ketapang, Kalimantan Barat, rumah seorang insinyur Malaysia itu dilempari batu, Minggu kemarin sekitar pukul 14.00 waktu setempat.

Dilaporkan, ada lima pria mengenakan ikat kepala bertuliskan "Ganyang Malaysia" diduga sebagai pelaku.

Insinyur Malaysia 60 tahun, mengatakan dia hampir terkena batu ketika ia membuka pintu depan rumahnya untuk memeriksa apa yang jadi biang keributan.

Untungnya, tambah dia, polisi Indonesia berhasil mencegah situasi menjadi lebih buruk.

buat agan - agan jangan terprovokasi mungkin ada kepentingan pihak ketiga di balik konflik ini

0 komentar:

Posting Komentar

ARTIKEL TERKAIT

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...