Sabtu, 31 Juli 2010

kini giliran karawang diusulkan jadi ibukota RI

0 komentar
VIVAnews - Beberapa daerah seperti Jonggol, Palangkaraya, Pontianak, Balikpapan telah diusulkan menjadi ibukota negara. Kini, anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Demokrat, Gray Koes Moertiyah mengajukan alternatif ibukota dipindah ke Karawang.

"Alasannya, daerah Karawang kan jaraknya tidak begitu jauh dengan Jakarta. Sehingga, nantinya antara pusat pemerintahan dan pusat perekonomian, jaraknya tidak berjauhan,” katanya kepada VIVAnews di Solo, Sabtu, 31 Juli 2010.

Dia menjelaskan, kondisi tanah di Karawang itu datar dan tidak naik turun. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan kondisi tekstur tanah di Jonggol yang naik turun.

Jonggol sendiri pada masa pemerintahan orde baru pernah menjadi pilihan alternatif ibukota, setelah Jakarta.

"Karawang juga kondisinya datar dan pinggir pantai. Jadi, lebih sesuai untuk dijadikan ibukota,” urai salah satu putri almarhum Raja Keraton Surakarta Pakubuwono XII yang akrab disapa Gusti Mung.

Disinggung mengenai alternatif pemindahan ibukota ke luar Jawa, dia menolaknya. Sebab, jika dipindah ke salah satu kota di Kalimantan, berarti semua pusat yang ada di Jakarta dicabut.

"Jauh dengan Jakarta yang sudah menjadi pusat perekonomian,” terang.

Wacana pemindahan ibukota ini, anjur dia, agar jauh-jauh hari dipersiapkan grand design secara matang. Takutnya, nanti setelah benar-benar pindah akan muncul masalah baru lagi seperti halnya masalah ibukota yang lama.

0 komentar:

Posting Komentar

ARTIKEL TERKAIT

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...