Selasa, 03 Agustus 2010

microsoft kembangkan aplikasi huruf jawa

1 komentar
PT Microsoft Indonesia tengah mengembangkan aplikasi yang memungkinkan pengguna mengetik memakai huruf Jawa (hanacaraka) versi unicode.



National National Technology Officer PT Microsoft Indonesia Tony Seno Hartono mengatakan aplikasi ini masih dalam pengembangan.

Nantinya, pengguna akan dengan mudah dan gratis menggunakan Microsoft Keyboard Layout Creator. Untuk saat ini pengguna baru bisa mengunduh Microsoft Keyboard Layout Creator versi 1,4 di situs Microsoft.

Setelah diunduh, pilihlah file Load Existing Keyboard-US International dan mendapatkan layout seperti keyboard biasanya di layar. Dari situ klik view untuk font Adjisaka.

Tampilan keyboard huruf latin di layar akan berubah menjadi huruf Jawa. Pengguna pun bisa menginstal Keyoard Layout Creator 1,4 ini dan dibagikan ke siapapun. Sebelumnya pengguna harus mengingstal Javanese Character.

Setelah terinstal, ikon instalasi bakal muncul di pojok kanan bawah bergambar keyboard. Pengguna bisa memilih mengetik bahasa Inggris, Bahasa Indonesia maupun Bahasa Jawa.

Karakter huruf Jawa jika lengkap dikembangkan akan mencapai 400 karakter. Pengembangan ini untuk mengembangkan konten-konten lokal di Indonesia. (klipberita.com/ft:ilustrasi/nay)

1 komentar:

Posting Komentar

ARTIKEL TERKAIT

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...